Review Lenovo Vibe X2: Smartphone Penuh Gaya untuk yang Berani Tampil Beda

DSC_1663

 

Kemunculan sosok Lenovo Vibe X2 pada launchingnya beberapa waktu lalu di Jakarta membawa atmosfer yang cukup berbeda. Dengan mengusung desain tri-layered maka smartphone ini sukses mengambil langkah inovasi pada segi tampilan yang belum pernah di smartphone lain.

Design

DSC_1657

“Wah keren!” merupakan dua kata yang pertama kali terlintas dalam benak penulis di saat pertama kali melihat tampilan dari desain Lenovo Vibe X2 begitu mendarat di meja redaksi. Tidak hanya memiliki bentuk tampilan yang nyaman untuk digenggam, smartphone ini sungguh memukau dengan tampilan tiga lapis warna pada chassing.

Dengan keunikan ini, tak heran jika Lenovo memproklamirkan Vibe X2 sebagai smartphone pertama dengan desain warna berlapis di industri ponsel saat ini. Hal ini bukan sekedar isapan jempol belaka. Dari unik warna putih yang diterima penulis memiliki gradasi yang bertingkat dari warna abu-abu, abu-abu tua, dan hitam.

Mengusung bobot seberat 124 gram dan berdimensi 140,2 x 68,6 x 7,27 mm, maka Vibe X2 menjadi smartphone yang cukup nyaman untuk dikantungi. Mengusung desain yang sederhana dan mengutamakan fungsi kinerja perangkat, maka peletakan tombol fisik dari smartphone ini difokuskan pada sisi sebelah kanan body.

 

Kemudian, tombol pengaturan volume berada di atas tombol power, dan untuk slot SIM-card berada pada sisi sebelah kiri smartphone. Sedangkan untuk kebutuhan mengisi daya baterai ponsel maupun transfer data menggunakan kabel USB, slot USB terpasang dengan manis di bagian bawah body. Untuk kebutuhan audio maka lubang jack diletakkan pada bagian atas body ponsel.

Display

DSC_16421

 

Tampilan yang menakjubkan dari seri terbaru Lenovo ini tidak sebatas hanya pada desain warna berlapisnya saja. Vibe X2 dilengkapi juga dengan layar berukuran 5 inci berkualitas Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan layar hingga 423 piksel sudah jelas akan memberikan kualitas tampilan video, dan juga foto yang mengagumkan.

Layar yang terbalut dengan teknologi IPS (in-Plane Switching) tersebut mendapatkan pula dukungan pengolah grafis dari PowerVR G6200. Spesifikasi yang hadir pada layar smartphone ini sudah barang tentu menjadi garansi bagi Vibe X2 dalam menyuguhkan tampilan warna yang memukau bagi para pengguna.

Performance

Tidak hanya tampil beda dengan desain yang unik,  Lenovo Vibe X2 juga telah mempersiapkan amunisi terbaik dalam menjaga kualitas performanya. Smartphone ini akan dilengkapi dengan prosesor Mediatek MT6595 4G LTE octa-core berkecepatan 2,0 GHz yang terbilang menjadi chipset cukup tinggi untuk saat ini.

Dengan prosesor octa-core Lenovo Vibe X2 memberikan garansi tersendiri bagi para penggunanya dalam mendapatkan pengalaman berselancar yang baik dalam jeram internet dewasa ini. Selain itu, dengan teknologi 4G LTE yang ditanamkan dalam smartphone ini, tentunya akan memberikan akses bagi para pengguna dalam menjajal jaringan LTE komersial yang kelak akan hadir dalam daftar jaringan di Indonesia.

Menggunakan prosesor pilihan dilakukan oleh Lenovo mengingat kemampuan tersembunyi prosesor yang dapat membuat baterai jauh lebih hemat daya, sehingga menonton video maupun melihat foto atau bahkan bermain game dapat dilakukan lebih lama dan tentunya dengan kualitas prima.

Dalam hal penyimpanan pun, Lenovo tak lupa membekali smartphone besutannya ini dengan memori yang mumpuni sebesar 32 GB dan juga masih dapat ditambahkan lagi dengan memori eksternal. Nuansa kenyamanan yang ditawarkan oleh ponsel ini dalam segi performa jelas menjadi perhitungan tersendiri dalam hal penggunaan. Prosesor yang mempuni dan juga memori dengan kapasitas besar menjadi bukti Vibe X2 memiliki keunggulan kembali di kelasnya.

Software

DSC_16501

Sejauh ini, kemajuan sistem operasi yang diusung oleh smartphone mengalami beberapa pembaruan belakangan ini. Meski belum mengalami update OS menjadi Lollipop, sekiranya OS Vibe UI 2.0 yang berbasis Android 4.4 KitKat sudah lebih dari cukup untuk menunjang performa yang disuguhkan Lenovo Vibe X2. Apalagi interface yang ditampilkan terlihat sangat simple namun atraktif tanpa mengorbankan kemudahan penggunaan.

Seperti kebanyakan launcher yang digadang smartphone China seperti Xiaomi dan Oppo, Vibe X2 menanggalkan app drawer pada interface-nya. Dengan begitu, semua akses aplikasi dipaparkan di home screen tanpa harus membuka drawer seperti launcher bawaan dari Android.

Kamera

DSC_16551

Kebutuhan akan kamera untuk mengabadikan momen yang terjadi sehari-hari, tentunya membutuhkan dukungan terbaik dari kamera pada smartphone yang dimiliki. Smartphone dengan kamera yang unggul tentunya akan memiliki nilai tersendiri bagi para pengguna di seluruh dunia.

Hal tersebut dijawab oleh Lenovo dengan menanamkan kamera utama sebesar 13 MP pada Vibe X2. Bukan sekedar kamera dengan piksel yang besar yang ditanamkan Lenovo pada ponsel teranyarnya ini, namun Vibe X2 dilengkapi dengan teknologi auto focus pada kamera utamanya.

Tidak hanya itu saja keunggulan dari kamera utama Vibe X2, pada ponsel ini terdapat pula fitur black illuminate dan LED Flash yang akan membantu dalam menangkap gambar maupun merekam video dalam kondisi pencahayaan yang minimal namun mendambakan hasil maksimal. Penggunaan dari kedua fitur tersebut tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Berikut hasil jepretan kamera dari Vibe X2

 

Battray

DSC_1657

 

Lenovo membekali Vibe X2 dengan baterai berukuran 2300 mAh, memang mungkin terasa terlalu kecil untuk sebuah smatphone yang mengusung beragam teknologi terbaru. Namun Jerukers tidak perlu khawatir, karena prosesor yang diusung oleh Lenovo Vibe X2 memiliki kemampuan untuk menghemat daya baterai sehingga baterai akan mampu bertahan lebih lama. Sayangnya, baterai smartphone ini tidak bisa diganti karena desain unibody yang diusung.

Namun, seolah telah membaca keinginan para penggunanya dalam masalah efisiensi baterai, Lenovo telah mempersiapkan aksesoris pelengkap dari Vibe X2, yaitu X2 Battery. Aksesoris penunjang tersebut memiliki bentuk menyerupai case tambahan, sehingga X2 Battery akan menjadi layaknya lapisan ke empat dari Vibe X2. Penggunaan dari case tambahan ini akan mampu menghemat penggunaan daya baterai hingga 75%, sungguh sebuah terobosan yang memukau dari Lenovo.

Conclusion

DSC_16612

Keunikan tampaknya menjadi sesuatu yang menjadi value added bagi Vibe X2 yang diwakili dengan desain tri-layered yang membuat fashionable dari segala sisi. Untungnya, smartphone ini tidak hanya sekedar menawarkan desain unik. Dari sisi spesifikasi dan fitur, suksesor dari Vibe X ini juga membuat penggunanya tidak mati gaya.

Jadi, tidak berlebihan jika penulis menyebut Vibe X2 sebagai smartphone bagi mereka yang berani tampil beda tanpa harus mati gaya. Apalagi harga yang dibanderol smartphone ini tergolong murah dari pada smartphone flagship lain yang tengah beredar, yakni Rp 3,999 juta.

Top Notch

– Desain unik, tri-layered chassing
– OS Android 4.4 KitKat Vibe 2.0 UI
– Compact dan ringan
– Layar IPS 5 inci (1080 x 1920), 441 ppi
– Kamera belakang 13 MP, kamera depan 5 MP
– Prosesor octa-core 2,0 GHz MediaTek MT6595M
– Mendukung jaringan 4G LTE
– RAM 2 GB, ROM 32 GB
– Baterai 2300 mAh

Tinggalkan komentar